.: SMKN 10 SURABAYA TINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DAN MUTU BERBASIS ISO :.

SHARE

SMKN 10 Surabaya mengadakan sosialisasi ISO . Sosialisasi ISO diadakan  pagi ini 6 Agustus 2019 di Ruang Guru.  Kamus, Kepala Sekolah, membuka acara Sosialisasi ISO.

Di era perkembangan teknologi saat ini dan menyongsong Revolusi Industri 4.0, SMKN 10 Surabaya memiliki program untuk meningkatkan mutu layanan publik.  Mutu layanan publik di SMKN 10  Surabaya ini sebenarnya sudah dilakukan di era sebelumnya. Tahun 2008 – 2018, SMKN 10 bekerja sama dengan TUV  Nord Indonesia sebagai lembaga sertifikasi.  Untuk selanjutnya, tahun 2019 ini,  SMKN 10 bekerja sama dengan Sakti Indonesia Sertifikasi. Ditunjuknya lembaga sertifikasi ini dengan alasan bahwa Sakti Indonesia adalah lembaga milik anak negeri yang sudah tersertifikasi oleh KAN (komite Akreditasi Nasional).

Dalam pembukaan acara sosialisasi ini, Kamus, Kepala Sekolah berharap bahwa SMKN 10 Surabaya sebagai instansi pelayanan publik terutama dalam bidang pelayanan jasa,  secara umum mempunyai standar kelayakan.  Oleh karena itu,  perlu adanya legitimasi dari pihak yang berkompeten  atau yang bersertifikasi. Selama ini, SMKN 10 Surabaya sudah melakukan pelayanan publik secara baik.  Hanya, pelayanan publik yang baik ini , secara normatif perlu adanya legimitasi.  Untuk selanjutnya, SMKN 10 Surabaya akan menggandeng Sakti Indonesia Sertifikasi. “Yang penting bukan lesensinya tapi substansi pekerjaan kita harus lebih baik,”. Demikian yang diingatkan oleh Kepala Sekolah dalam acara ini kepada seluruh stakeholder SMKN 10 Surabaya.

Lebih lanjut Kamus menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini akan dilanjutkan dengan audit internal dan eksternal, survelence, dan berakhir sertifikasi.  Aman Santoso dari pihak Sakti Indonesia Sertifikasi menyatakan “Kami siap mengawal kegiatan ini.”

Penulis: Risa