Kegiatan Webminar BIMTEK Series 16 SARPRAS Kepala Smk Negeri 10 Surabaya

SHARE

Surabaya, Selasa (08/9) -  Kepala SMK Negeri 10 Surabaya, H. Kamus, S.Pd. M.M. mengikuti webminar dengan tema “Optimalisasi pengelolaan sarpras untuk menumbuhkan budaya industri 5R/5S”. Sebuah pembelajaran di sekolah tidak akan bisa berhasil tanpa adanya sarana dan prasarana yang mendukung, sehingga perlu adanya konsep yang efektif untuk mengoptimalkannnya.

Pengelolahan dengan Konsep 5S dianggap mampu mengoptimalkan sarana prasarana sekolah. Konsep 5S (Seiri, Saiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke) yang diadopsi dari budaya Industri Jepang menjadi fundamental atau dasar dari manajemen. Konsep 5S jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin). Pengoptimalan sarana prasarana dengan konsep 5S yang akan diterapkan di sekolah ialah dengan harapan agar siswa SMK dapat memiliki integritas 5S Tersebut.

Langkah pemerintah melalui direktorat SMK untuk mewujudkan konsep ini adalah dengan mengadakan webminar yang diselenggarakan pada tanggal 8 september 2020 pukul 09.00 WIB. Direktorat SMK juga membuat webminar challenge yang pesertanya diintruksikan untuk membuat sebuah action plan terbaik dalam rangka memenuhi revitalisasi alat praktik SMK.

 

 

 

SMK Negeri 10 Surabaya juga ikut andil dalam kegiatan webinar yang diadakan oleh Direktorat SMK dalam berbagai seri-nya. Hal ini terbukti pada beberapa waktu lalu Kepala SMK Negeri 10 Surabaya berhasil menjadi salah satu nominasi dari 50 daftar pemenang yang ikut serta dalam webminar bimtek #seri 10 dan #seri 12. (Kru SMEKTEN News)