MPLS DARING SMK NEGERI 10 SURABAYA TAHUN AJARAN 2021-2022

SHARE

Surabaya, (13/7) – Hari pertama masuk sekolah merupakan salah satu pengalaman paling berkesan bagi peserta didik. Namun, di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga usai dan ditambah dengan pemberlakuan PPKM darurat, hari pertama masuk sekolah harus dilalui peserta didik SMK Negeri 10 Surabaya secara daring. Pada hari  pertama masuk sekolah, SMK Negeri 10 Surabaya mengadakan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) bagi peserta didik baru yang dilakukan melalui video conference.

MPLS pada tahun ini memiliki tema ‘Mengembangkan Potensi Siswa Berkarakter, Menyenangkan,dan Bersahabat Secara Maksimal dari Rumah’ yang dibuka pada tanggal 12 Juli 2021 oleh Kepala SMK Negeri 10 Surabaya, Bapak H. Kamus, S.Pd., MM.. Pembukaan tersebut mengawali rangkaian kegiatan MPLS yang akan dilaksanakan hingga tanggal 14 Juli 2021. Setiap harinya, agenda kegiatan MPLS dilakukan mulai pukul 07.00 sampai dengan 12.00.

MPLS di SMK Negeri 10 Surabaya tahun ajaran 2021-2022 diikuti oleh 846 peserta didik yang terbagi ke dalam 24 rombongan belajar. Tujuan MPLS bagi pseserta didik baru utamanya adalah untuk mengenalkan lingkungan dan budaya belajar di SMK Negeri 10 Surabaya. Meski dilakukan secara daring, peserta didik baru terlihat antusias mengikuti materi-materi MPLS yang disampaikan oleh bapak dan ibu guru. Beberapa contoh materi MPLS yang disampaikan adalah pengenalan budaya dan tata tertib, wawasan Wiyata Mandala, tips menumbuhkan motivasi dan semangat belajar, etika berkomunikasi hingga kegiatan literasi yang ada di SMK Negeri 10 Surabaya.

MPLS yang dilakukan secara daring, diharapkan tidak mengurangi esensi orientasi yang hendak disampaikan dan kesan yang didapatkan peserta didik baru. Peserta didik baru kelas X yang telah menjadi bagian keluarga besar SMK Negeri 10 Surabaya diharapkan merasa memiliki sekolah dan bangga menjadi siswa SMK negeri 10 Surabaya. Peserta didik baru juga diharapkan dapat mencetak prestasi baik secara akademik maupun non-akademik sehingga dapat mengharumkan nama baik SMK Negeri 10 Surabaya di masa yang akan datang. (Tim Smektenews)