Pelaksanaan Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris TOEIC 2021 SMK NEGERI 10 SURABAYA

SHARE

Pemerintah melalui Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (DSMK) membuka peluang bagi SMK di seluruh Indonesia untuk memperoleh bantuan sertifikasi internasional melalui program SMK English Challenge 2020—Fasilitasi Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC bagi Siswa SMK. Program tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2016 dengan cakupan quota penerima program yang meningkat dari tahun ke tahun dengan harapan akan lebih banyak siswa SMK di Indonesia yang tersertifikasi secara internasional dan dapat merasakan manfaatnya saat nanti sudah terjun di dunia kerja.

Pada hari Kamis tanggal 10 Juni 2021, SMK NEGERI 10 SURABAYA, JAWA TIMUR-INDONESIA telah mengikut sertakan sebanyak 268 siswa untuk mengikuti seleksi VIERA dan yang diumumkan lolos seleksi ada sejumlah 24 siswa (Intermediate–3= 16 siswa dan ADVANCE= 8 siswa).  Sebelum para siswa menjalankan ujian  bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada periode Pembelajaran yang diberikan oleh tim Fasilitasi Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan.  Kami para guru sebelumnya juga diberikan Bimbingan Teknis terkait cara mengajar TOEIC yang efektif ke siswa. Selama periode Pembelajaran, siswa bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Facilitator—Ibu Hafilia dan tim melalui webex dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk materi Google Classroom dan TOEIC Practice Book-Digital Version agar siswa-siswa kami siap menghadapi ujian.

SMK NEGERI 10 SURABAYA melaksanakan Sertifikasi TOEIC bagi siswa kami yang lolos seleksi. Sebelum melaksanakan tes TOEIC, kami selaku guru pendamping tes TOEIC di SMK Negeri 10 Surabaya melakukan koordinasi melalui WA karena kondisi dimasa pandemi. Tes TOEIC yang dilaksanakan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di tahun ini ada simulasi sebelum tes dilaksanakan dan ada juga pengawasan dari ITC yang dilakukan melalui zoom. Semua peserta tes yang lolos bisa mendownload materi tes melalui akun siswa masing-masing, sehingga siswa bisa lebih mempersiapkan diri saat mengikuti tes TOEIC. Apabila terdapat kendala saat persiapan maupun tes kami dapat dengan mudah menghubungi pihak itc melalui call center yang telah tersedia melalui telepon dan Whatsapp.

Program ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi SMK NEGERI 10 SURABAYA sebagai bekal untuk menghadapi era globalisasi di Dunia Kerja, karena siswa tamatan SMK dipersiapkan untuk bekerja dan berwirausaha setelah mereka lulus.

 

SOSIALISASI PROGRAM FASILITASI UJIAN SERTIFIKASI TOEIC DARI DIREKTORAT SMK

 

TES PENYARINGAN OLEH VIERA