Screening Kesehatan Siswa

SHARE

Surabaya (17/09) – Screaning Kesehatan Siswa merupakan program pemerintah untuk pemeriksaan kesehatan siswa yang rutin diadakan setiap satu tahun sekali. SMK Negeri 10 Surabaya merupakan salah satu sekolah yang bekerja sama dengan Puskesmas Sukolilo untuk mengadakan program ini. Program ini diikuti oleh seluruh siswa SMK Negeri 10 Surabaya mulai tanggal 12, 13 dan 16 September 2019. Program Screning Kesehatan Siswa ini meliputi tiga kegiatan, yaitu pemeriksaan kantin sehat, pemeriksaan kondisi ruang kelas, dan pemeriksaan kesehatan siswa.

Pemeriksaan kantin sehat dilakukan untuk mengetahui  kandungan gizi dan zat-zat berbahaya yang terdapat pada makanan dan minuman yang dijual pihak kantin sekolah.  Pemeriksaan kondisi atau ruang kelas dilakukan untuk mengetahui seberapa sehat ruang belajar siswa yang dilihat dari sirkulasi udara, pencahayaan dan kebersihan kelas. Pemeriksaan kesehatan siswa dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat kesehatan siswa yang meliputi pemeriksaan mata, telinga dan tenggorokan. Serta ada program pemberian obat penambah darah bagi siswa perempuan.
Program pemeriksaan ini merupakan salah satu cara pemerintah untuk melakukan penanganan secara dini terhadap kesehatan anak. Apabila dalam pemeriksaan di sekolah telah ditemukan siswa yang memiliki gangguan terhadap kesehatannya, maka pihak puskesmas akan memberikan surat rujukan kepada siswa agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit. (kru SMEKTEN NEWS)