SEMANGAT KURBAN 1440 H SMK NEGERI 10 SURABAYA

SHARE

Surabaya. Suara takbir berkumandang.  Umat Islam bersuka cita  merayakan Hari Raya Idul Adha  atau Hari Raya Kurban. Begitu pula dengan SMKN 10 Surabaya.  Keluarga besar SMKN 10 yang terdiri dari para siswa, guru, dan karyawan menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H dengan suka cita.  Segala persiapan telah dilaksanakan satu bulan sebelum pelaksanaan.  Penggalangan dana, pembentukan panitia, perlengkapan untuk penyembelihan hewan kurban sudah disiapkan jauh hari sebelum pelaksanaan.   

Penyembelihan kurban di SMKN 10 Surabaya pada hari Senin 12 Agustus 2019, pukul 07.00 WIB. Hewan kurban yang disembelih sebanyak 5 ekor sapi. Hewan kurban ini merupakan kurban dari para guru dan karyawan serta dari para siswa. Daging kurban dibagikan pada hari Senin juga.  Dibagikan kepada warga sekolah dan warga sekitar yang berhak.  Bapak dan Ibu Guru , karyawan , dan para siswa yang tergabung dalam SKI bahu membahu dan sangat kompak melaksanakan kegiatan ini. Ini adalah moment yang istimewa.  Moment pelaksanaan ibadah. Bukti ketakwaan hamba kepada Sang Khaliq, Allah SWT. Ibadah kurban sebuah ibadah yang di dalamnya merupakan sebuah pendidikan karakter.  Karakter kesalihan sosial. Jika di sekolah, ini merupakan praktik pendidikan karakter kepada siswa.   Siswa berlatih berbagi, peduli kepada sesama, semangat bekerja sama, ikhlas, dan tulus dalam melaksanakan ibadah. 

Inilah suasana penyembelihan daging kurban. Penyembelihan dipimpin oleh ketua panitia, Kastolani,S.Pd. selaku guru agama dengan dibantu siswa-siswa SKI. Sebelum penyembelihan terlebih dahulu berdoa.  Tata cara penyembelihan pun sesuai syariat Islam.

  

“Alhamdulillah acara berjalan lancar dan sukses.  Semoga yang dilakukan oleh warga SMKN 10 Surabaya ini membawa keberkahan untuk semua umat,” demikian harapan Dewi Mar’ah selaku guru agama Islam dan perwakilan panitia.