Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC telah Memasuki Tahap Ujian

SHARE

(Surabaya, 23/10) - Pemerintah melalui Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (DSMK) membuka peluang bagi SMK di seluruh Indonesia untuk memperoleh bantuan sertifikasi internasional melalui program SMK English Challenge 2020—Fasilitasi Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC bagi Siswa SMK. Program tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2016 dengan cakupan kuota penerima program yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Harapannya akan lebih banyak siswa SMK di Indonesia yang tersertifikasi secara internasional dan dapat merasakan manfaatnya ketika terjun di dunia kerja.

SMK NEGERI 10 SURABAYA telah mengikutsertakan sebanyak 85 siswa untuk mengikuti seleksi VIERA dan yang diumumkan lolos seleksi ada sejumlah 15 siswa (Intermediate–3 sebanyak 12 siswa dan Advance sebanyak 3 siswa).  Sebelum para siswa menjalankan ujian  bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada periode pembelajaran yang diberikan oleh tim Fasilitasi Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan.  Para guru sebelumnya juga diberikan bimbingan teknis terkait cara mengajar TOEIC yang efektif kepada siswa. Selama periode pembelajaran, siswa bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Facilitator yaitu Ibu Hafilia dan tim melalui webex dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk materi Google Classroom dan TOEIC Practice Book-Digital Version agar siswa siap menghadapi ujian.

Pada tanggal 7 Oktober 2020, SMK NEGERI 10 SURABAYA juga melaksanakan Sertifikasi TOEIC bagi siswa yang lolos seleksi. Sebelum melaksanakan tes TOEIC, guru pendamping tes TOEIC di SMK Negeri 10 Surabaya melakukan koordinasi melalui WhatsApp karena kondisi yang tidak memungkinkan dimasa pandemi. Tes TOEIC yang dilaksanakan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di tahun ini ada simulasi sebelum tes dilaksanakan dan ada juga pengawasan dari ITC yang dilakukan melalui zoom. Semua peserta tes yang lolos bisa mengunduh materi tes melalui akun siswa masing-masing, sehingga siswa bisa lebih mempersiapkan diri saat mengikuti tes TOEIC. Pihak ITC juga memfasilitasi siswa yang mengalami kendala saat persiapan maupun tes dengan kemudahan call center baik melalui telepon dan WhatsApp. (VIERA dan Kru Smekten News)

 

SOSIALISASI PROGRAM FASILITASI UJIAN SERTIFIKASI TOEIC DARI DIREKTORAT SMK

 

TES PENYARINGAN OLEH VIERA

 

UJIAN SERTIFIKASI INTERNASIONAL KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS DENGAN TOEIC