(DWP) SMKN 10 Surabaya Menyabet Gelar Bergengsi Best Costume Pada Festival Rujak Ulek 2023 Surabaya

SHARE

 

Senin, 8 Mei 2023

Tim DWP SMKN 10 Surabaya berpartisipasi dalam Festival Rujak Ulek 2023 yang diadakan oleh Pemerintah Kota Surabaya dalam rangkaian peringatan hari Jadi Kota Surabaya yang ke 730.

Rujak Cingur adalah makanan tradisional khas Surabaya yang telah ditetapkan sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) pada tahun 2021. Dan Festival Rujak Uleg adalah event tahunan yang digelar di sepanjang Jalan Kembang Jepun oleh Pemerintah Kota Surabaya. Festival Rujak Uleg 2023 diikuti 432 peserta yang terdiri dari 108 grup. Para peserta tidak hanya berasal dari jajaran OPD Pemkot Surabaya, tapi juga perhotelan, komunitas daerah, perwakilan negara sahabat, dharma wanita, hingga PKK Surabaya.

Acara nguleg bersama dimulai jam 19.00 bersama para tamu yang hadir. Akan tetapi dalam rangkaian acara tersebut juga digelar pre-event sejak sore dengan tampilan seni serta UMKM Kya-Kya. Ada juga penjualan merchandise.Penilaian lomba mengacu pada kreativitas menghias meja, yel-yel, kostum, hingga kreasi pembuatan rujak uleg. Peserta harus lebih kreatif dalam mengemas rujak. Peserta asing bisa menggunakan pakaian khas dari negara asalnya. Yang menarik dalam kegiatan terebut adalah rujak hasil karya peserta akan dibagikan kepada seluruh pengunjung secara gratis dan dimakan bersama ramai-ramai.

Festival Rujak Uleg 2023 ini telah menjadi bagian dari Karisma Event Nusantara (KEN) milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Ini menjadi salah satu upaya Pemkot Surabaya dalam melestarikan warisan budaya tak benda rujak uleg sebagai makanan khas Kota Pahlawan.

DWP SMKN 10 Surabaya berhasil menjadi pemenang untuk kategori BEST COSTUME. Selamat kepada TIM Rujak Ulek DWP SMKN 10 Surabaya.