Hari Kartini di Tahun 2021

SHARE

Hari kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April menjadi momen yang bermakna bagi perempuan. Berkat perjuangan Raden Ajeng Kartini lah para perempuan di Indonesia tercinta ini dapat mengenyam pendidikan dan mendapatkan haknya. Menurut sejarahnya, RA Kartini dikenal sebagai pahlawan yang memperjuangkan hak wanita dalam hal pendidikan. Perjuangan RA Kartini yang sangat dikenang selain mendirikan sekolah wanita ialah pemikiran feminisme di Indonesia tentang kebudayaan di Jawa yang dipandang sebagai penghambat kemajuan perempuan.

RA Kartini berjuang mati matian untuk memperjuangkan kedudukan wanita pada saat itu. Pemikiran, gagasan, dan semangat RA Kartini tampaknya masih relevan dengan kondisi saat ini. Bagaimana tidak, saat ini Indonesia sedang terdampak oleh virus Covid-19 yang mengharuskan para wanita di negeri ini berjuang mati-matian untuk menggapai impiannya. Bahkan tidak hanya wanita saja, melainkan semua gender.

Lalu, bagaimana para wanita memperjuangkan impian dan cita citanya? Apalagi di tengah pandemi COVID-19 ini yang memang dibutuhkan semangat untuk tetap bertahan, bersabar, berusaha melakukan semua aktivitas. Pandemi seperti ini pun mengharuskan kita mengenyam pendidikan tanpa harus keluar rumah.

Adanya teknologi yang sangat modern saat ini, para wanita bisa mengapresiasikan apa yang mereka mau. Sebagian besar wanita pekerja membuat bisnis sampingan seperti berjualan online. Tidak hanya wanita pekerja, para pelajar kini mulai membuka bisnis kecil-kecilan, dengan sistem Pre Order (PO).

Keadaan seperti ini juga pernah dialami Kartini sewaktu ia dipingit di dalam rumah karena adat istiadat, tetapi tidak menjadikannya penghalang untuk melakukan hal-hal yang baik termasuk cita-citanya. Dari sini kita dapat mencontoh semangat RA Kartini, meskipun beliau di rumah saja, beliau dapat memberikan yang terbaik untuk orang lain, diri sendiri, keluarga, dan juga lingkungan sekitarnya.Maka dari itu, jangan membatasi diri kalian dengan bermalas-malasan atau rebahan di rumah saja,tetapi kalian juga harus berpikir kreatif dan inovatif walau hanya di rumah saja.