SMK Negeri 10 Surabaya Juara Airlangga Accounting Competition

SHARE

Surabaya, Senin (23/9) – Juara III diraih SMK Negeri 10 Surabaya dalam kegiatan Airlangga Accounting Competition (AAC) yang diadakan Selasa (17/9) hingga Kamis (19/9) di Kampus Unair B dan C. Kegiatan yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Airlangga ini diikuti oleh siswa – siswi tingkat SMA dan SMK yang mayoritas pesertanya adalah siswa SMA. Kegiatan AAC ini terdiri dari lima tahapan seleksi, tahap I yaitu Babak Pre-elimination yang dilaksanakan serentak secara online, tahap II adalah babak penyisihan untuk diambil 25 besar, tahap III adalah babak semifinal untuk diambil 12 besar, tahap IV adalah babak final untuk diambil 5 besar, dan tahap V adalah tahap terakhir yaitu babak grandfinal untuk diambil juara I, II, dan III.

Perwakilan SMK Negeri 10 Surabaya, yaitu Muslimatul Kamila, Maulidya Syafa’atus dan Nanda Amelia dari kelas XII AKL 1 tergabung menjadi satu tim, dengan guru pembimbing yaitu Arin Yuni Pusporini, S.Pd., M.Ak dan Yuni Dwi Kartika selaku kakak pembimbing dari kegiatan AAC. Persiapan yang dilakukan oleh ketiga siswa ini cukup mendadak yaitu hanya selama satu minggu setelah mereka mendapatkan informasi kegiatan dari Instagram Unair. Dalam persiapannya para siswa diberi latihan-latihan soal oleh guru pembimbing, belajar secara individu, kelompok serta meminjam buku di Perpusda untuk materi akuntansi dan ekonomi secara teori.

“Lombanya menarik, banyak game-nya jadi bukan hanya paper test saja. Ada gala dinner dan juga city tour untuk peserta yang selain masuk lima besar. Jadi konsep kegiatan lombanya berbeda dengan lomba-lomba yang biasanya diadakan. Kami juga tidak menyangka bisa meraih juara III melihat persiapan  kami yang sangat mendadak.” ujar Muslimatul Kamila selaku ketua tim. Nanda Amelia salah satu anggota tim menyampaikan agar siswa sering mengikuti kegiatan lomba seperti ini untuk menambah wawasan dan sekolah juga terus mendukung kegiatan positif seperti ini selanjutnya.

Arin Yuni Pusporini, S.Pd., M.Ak, selaku K3 Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL) berharap, “Semoga tetap semangat belajar, terus berusaha dan banyak membaca buku untuk pendalaman teori-teori akuntansi sehingga diperlombaan yang akan datang bisa meraih juara I, serta bisa memotivasi dan men-support adik-adik kelasnya.” (kru SMEKTEN NEWS)